top of page

Sejarah Awal Kenapa Menggunakan Cincin Tunangan Di Jari Tangan Kiri


Dikala dia melamar kamu dan kalian berdua memastikan untuk segera melangsung kan pertunangan lebih dahulu, salah satu hal yang mungkin akan kau lakukan yakni menggunakan cincin tunangan di jari tangan kiri kamu. Nanti ketika kamu telah menikah, cincin tunangan akan bermigrasi ke tangan kanan sebab kalian telah sah menikah.

Namun pernah kah kau penasaran kenapa mesti seperti ini? Apa makna yang sesungguh nya di balik menggunakan cincin tunangan di jari kiri ? Di kutip dari womansday.com, adat istiadat ini dapat di lacak dari masa abad ke-13 dahulu saat umat kristiani mengadopsi adat istiadat Paus Innocent III yang memberikan mas tunggu sepatutnya antara pertunangan dan pernikahan.

Adat istiadat mengguna kan cincin tunangan di jari manis tangan kiri berasal dari kepercayaan Yunani dan Romawi. Para yunani dan romawi percaya bahwa pembuluh vena spesial, " Vena Amoris “, merupakan pembuluh darah yang mengait kan aliran darah seketika ke jantung. Kepercayaan romantis inilah yang memulai adat istiadat memasang kan cincin tunangan di jari manis.

Sedangkan kenapa memilih meletakan nya di tangan kiri, sebab secara tak seketika, kau dan ia belum jadi pasangan sah. Kalian Cuma terikat secara hati, dan untuk menggambar kan ikatan cinta itu, ditaruhlah cincin tunangan di tangan kiri. Pada ketika pernikahan nanti, barulah cincin tunangan di pasangkan di jari manis tangan kanan sebab di situlah ikatan kongkrit sudah terwujud.

Untuk cincin tunangan sendiri juga mengalami banyak sekali perkembangan, mulai dari bidal, logam, besi, emas, sampai perak, dan berlian. Cincin tunangan malah juga mempunyai filosofi nya sendiri, kenapa menggunakan cincin tunangan emas sebab emas di ketahui sebagai logam mulia yang awet, berkeinginan semoga ikatan pernikahan dan cinta pasangan suami istri awet dan langgeng. Seperti itu pula berlian yang menjadi batu mulia yang tidak akan pernah berubah dimakan zaman.

Seperti itu romantis nya filosofi pernikahan, dan penggunaan cincin tunangan dan pernikahan. Jadi, sekarang kau telah tahu kan kenapa kau menggunakan cincin tunangan di jari tangan kiri?

RECENT POST
JOIN MY MAILING LIST
bottom of page